Ikhlas

September 8, 2008

Siang terik di Padepokan Karang Kabolotan. Ki Lurah Semar Bodronoyo masih bercengkerama dengan anak-anaknya, Ki Lurak Petruk Kanthongbolong   dan kakaknya Ki Lurah Gareng. Tak berapa lama kemudian, muncullah si bungsu, Bagong.

B: “Pak, pak…”

S: “Ono opo to le, kok sajak penting gitu”

B: “Nggak kok pak, cuman aku ngerasa, kok hari ini ada yang berbeda dengan diriku?”

S: “Memangnya kenapa thole?”

B: “Aku merasa lega, enak, ceria, tak ada beban menghadapi hari ini”

P: “Halah, kowe ki sok kemaki Gong, apa hutang-hutangmu sudah kamu lunasi po, kok sajak sumringah?”

B: “Hutang opo Kang? Aku rak nggak pernah punya hutang to? Lha nek Kang Gareng iku, hobine rak ngutang. Lha wong kotange bojone saja ngredit sama mindring Kang Paimin kok”

G: “Hush, dasar cangkem borot. Rahasia ojo diudhal-udhal to Gong. Kamu itu kalau nyebar wirang kok jan teyeng temenan”

B: “Lha nyatane ngono to Kang, tak perlu dibantah kalau itu fakta”

S: “Ora Le, jan-jane apa yang membuat kamu merasa lega, ceria pada hari ini?”

B: “Ngene lho Pak, Kang, pagi ini saya berhasil mengerjakan sesuatu dengan sungguh-sungguh dan penuh keikhlasan. Saya rela menyisihkan waktu saya yang sempit di pagi hari untuk mengerjakannya. Saya ikhlas se ikhlas-ikhlasnya, meskipun saya terpaksa harus kehilangan sesuatu dengan melakukan hal tersebut.”

P: “Lha memang harus begitu Gong. Apapun pekerjaan itu, jika dikerjakan dengan ikhlas, apalagi diniatkan untuk ibadah, akan memberikan hasil yang luar biasa bagi kita. Bukan hanya materi, tapi justru kepuasan dan ketenangan batin, yang tak akan bisa dinilai dengan materi. Bahkan apabila kita ikhlas kehilangan sesuatu, demi kebaikan, maka Gusti Ingkang Murbeng Dumadi pun tak akan owel mencurahkan nikmat yang lebih banyak kepada kita”

B: “Iya Kang, saya baru sadar, ternyata keikhlasan merupakan salah satu kunci kita menghadapi seluruh permasalahan hidup. Kalau saya tadi pagi sih, niatnya hanya untuk membersihkan, mensucikan diri, menyenangkan orang lain. Tapi ternyata dengan sungguh-sungguh, dan sekali lagi, ikhlas, dalam berbuat, aku sekarang betul-betul merasa lega. Plong, luar dalam”

G: “Ora to Gong, sebenarnya apa sih yang kamu kerjakan tadi pagi, kok kadingaren bisa dengan penuh ikhlas, tidak ngedumel, tanpa nggresulo?

B: “NGISING KANG!”

19 Responses to “Ikhlas”

  1. nothing Says:

    ikhlas ki cen angel…
    aku dewe ngerasakne…
    sing jelas awakku yo rodo enteng ki, wis iso beol setelah dua hari susah beol hehe..[kurang sayuran selama puasa ini]

  2. iway Says:

    lha yen ngising ra ikhlas opo arep ditabung isine weteng sing wis expired ? ck ck ck

  3. Hedi Says:

    termasuk ngeblog ki kudu iklhas, masiyo ga ono komen yo santai wae hahaha

  4. perempuan Says:

    wakakak… ben iso ikhlas, mungkin awake dewe pas kehilangan , mikir e podo koyo kehilangan tai sing wes di tokne , ben iso iklas n ra tau dipikir2 eneh. ngunu tho kang 😀

    sugeng tepang njeh,
    ^_____^

  5. Nayantaka Says:

    @nothing: makanya, ikhlas merupakan salah satu tingkatan yang tinggi yang harus kita capai dalam hidup dan manembah kepadaNya

    @iway: ora ono bedane antara sampah karo tempah sampahe, hahaha

    @hedi: kasih komentar juga kudu ikhlas hed

    @perempuan: ndherek nepangaken ugi, kanthi ikhlasing manah jeng


  6. Halah, Gong… Nak mung ikhlas babagan bebuwang we aku yo barang. Tak kiro ki nek ikhlas ngulungi Yu Painah gathot-thiwul seka Pasar Nambongan. Ealah… jebule ikhlas le ngetokke galundheng.

  7. aprikot Says:

    aku ikhlas komen disini kok paklik

  8. apidd Says:

    hwarakadahhh..
    padahal wis srius banget mocone..eee..endingnya shocking banget..hwahahaha..tp emang sih, se-enggak bisanya orang bwat iklas, bwat kasus yang itu pasti iklas banget..hahaha..
    salam kenal paklik..

  9. adipati kademangan Says:

    Saya ikhlas tersenyum disini, bener – bener ikhlas koyo dene ngisi NG

  10. grubik Says:

    mengkene yayi: sak cethil-cethile menungso ra bakal owel marang tai lan dobol…
    sugeng sasi poso, sugeng ajar ngelmu ikhlas, sugeng nunggu maghrib!

  11. Nayantaka Says:

    @kombor: isih kelingan jaman kejayaane galundheng to kang? tapi emang bentuknya sama dan sebangun kok🙂
    @aprikot: percoyo, sampeyan pancen entengan kok
    @apidd: maka, belajarlah ikhlas lewat ritual mbuang tlethong.insyaAllah ulun ikhlas juga kok terima salam perkenalannya
    @adipati:semoga ikhlas panjenengan jadi amal shadaqah saya🙂
    @grubik: panci kaleresan, ramadhan menjadi salah satu bulan tarbiyah yang luar biasa, juga untuk melatih ber-ikhlas


  12. kata ikhlas kalau dijadikan bahan obrolan punakwan agaknya lebih maknyus, ki, tak terlu banyak teori dan berkhotbah, hehehehe😆


  13. ngising berjamaah piye jal?


  14. dalang gemblung! uedannnn!

  15. Elys Welt Says:

    ngising ? hahahaha😀

  16. edratna Says:

    Huahuahua….ngakak:)

    “Tas apa yang paling ringan??”
    “Tas ngising”

  17. itikkecil Says:

    ngising itu apa pakde?

  18. Nayantaka Says:

    @it-cil: berapa tahun dulu sampeyan di semarang kagak tahu ngising? ya itu, ritual sampeyan setiap pagi sebelum mandi …

  19. eshape Says:

    Ikhlas memang mudah diucapkan dan suliiiiiiit banget dilaksanakan

    Aku juga nulis tentang ikhlas disini :
    http://wap.warnaislam.com/umum/renungan/2008/10/14/35640/Kuncinya_IKHLAS.htm

    Kalau di blogku ada disini :
    http://eshape.wordpress.com/?s=ikhlas

    Salam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: