Ngumpulke Balung Pisah

April 11, 2008

Dua bulan meninggalkan dunia maya, ulun banyak sekali kelangan enggok kiprah teman-teman. Menatap ke depan, ternyata banyak belokan dan persimpangan di sana. Saya tak tahu, kemana mereka perginya. Bahkan ulun nyaris tak tahu ontran-ontran rebutan roti susur di tanah air, atau tarik menarik kutub positif dan negatif di alam maya. Jangankan kangmas Caplang yang nggeblas di atas Vitrinya, itik kecil yang jalannya megal-megolpun sudah tak terkejar lagi. Mungkin hanya Ki Sawal yang gliyak-gliyak waton kecandhak, yang masih mampu ulun deteksi olah kridha-nya.

Maka, turun gunung dari padepokan Karang Kabolotan, ulun mestilah menyesuaikan diri dengan gebyaring kadonyan. Jangan seperti katak dalam tempurung. Jangan sampai diteriaki kemalumon oleh warga pangablogan. Jadilah pekerjaan pertama ulun keliling-keliling tlatah pangablogan. Njajah deso milang kori. Ngumpulke balung pisah. Memungut kepingankepingan puzzle untuk menyusun suatu gambaran lengkap tentang jagading pangablogan terkini. Mengunjungi temanteman lama. Sowan kepada para begawan di berbagai padepokan, sebo sampeyan dalem kanjeng sultan, juga para punggowo, abdi dalem, dan bolo dhupakannya. Tak lupa, menyambangi para putri di tamansari, beserta para dayang dan emban pamomongnya. Terakhir, tentunya marak sowan kepada poro pukulun dewo gung binathoro.

Catatan:

Ulun = saya (biasa digunakan oleh dewa dalam pewayangan); kelangan enggok = kehilangan jejak; ontran-ontran = masalah besar; nggeblas = melaju dengan kencang; megal-megol = lenggak-lenggok seperti angsa berjalan; gliyak-gliyak waton kecandhak = pelan-pelan asal terselesaikan; olah kridha = aktivitas (terutama secara fisik); gebyaring kadonyan = gebyar dunia; tlatah = wilayah; njajah deso milang kori = dari pintu ke pintu, mengembara; ngumpulke balung pisah = mengumpulkan tulang-tulang yang berserakan; sowan, marak sowang = menghadap; sebo = menghadap raja; punggowo = aparatur kerajaan; abdi dalem = pembantu raja; bolo dhupakan = prajurit kroco🙂; pukulun dewo gung binathoro = para dewa yang maha bijaksana

19 Responses to “Ngumpulke Balung Pisah”

  1. itikkecil Says:

    masak saya gak terkejar lagi pakde😆

    selamat datang kembali😀

    sudah hampir terkejar sih, tapi terus sampeyan menclok di boncengannya caplang

  2. Hedi Says:

    sinten niki nggih? sugeng rawuh…😀

    niki kulo kakangmas hedi


  3. “Ngumpulke balung pisah”, idiom yang saya suka itu mas nudee, untuk membangun semangaat persaudaraan. semoga banyak langkah temen bloger yang bisa terkejar, hahahaha🙂 btw, setiap kali menjenguk blog mas nudee, selalu saja saya terkesan dengan kultur jawanya yang medhok, garpayak, semanak, tansah negelingake sedulur2 supaya mbangun pasedherekan. mangga, mas nudee, sugeng tindak2 malih wonten jagad blogosphere. wis titi wancine kyai bodronoyo nyebar pitutur. *halah*

    madeg pandhito, nyebar tutur, sembur, wurwur. pangestune kisanak…

  4. edy Says:

    saya tersinggung dengan kata balung!!😆

    siapa suruh koleksi balung banyak-banyak?😀

  5. Willy Ediyanto Says:

    Walah, Jawa banget. Inying wong Jawa ning ora nguwasani basa Jawa. Inyong lair neng Purbalingga, gedhe neng Bandung, tuwa neng Kalimantan.
    Angel banget ya nganggo basa Jawa. Bisane basa banyumasan tur kasar.
    Nuwun.

    inyong rikala gemiyen nate urip neng purbalingga, tapi mung rong wulan. Asyik juga tuh ngomong pake dialek banyumasan.

  6. -tikabanget- Says:

    jadi sayah sama momon itu abdi dalem ya..
    pake kemben ndak?

    yang pake kemben momon aja ya Tik? kamu tanpo awer-awer saja:mrgreen:

  7. takochan Says:

    Aduuhhh.. roaming nih pak Dee😆
    Ah, ya, jgn sampe ikut2 ngawur kayak saya deh😎

    Eh, ya, welkam bek bahasa jawa nya apa?:mrgreen:

    sugeng pepanggihan malih😎

  8. cK Says:

    aih aih…saya putri ya??😳

    *disorakin massa*

    saya si putri… si putri… putri panggung …😀

  9. Mbilung Says:

    lhaaaaa….kebagian sebage tukang pukul

    nggak tukang pikul sekalian paklik? sebenarnya sih judulnya mau ulun ganti “ngumpulke mbilung pisah”😀

  10. kombor Says:

    Wakakaka… Caplang ketok gambange.

    awas dioyak kirik lho plang😀

  11. edratna Says:

    Setelah jalan-jalan, hasilnya bagaimana?
    Udah dapat wangsit?

    alhamdulillah sudah budhe. mudah-mudahan makin lancar saja nulisnya🙂

  12. sri sultan Says:

    mbok bilih menawi kulo kedah kalepatan, nyuwun ngapunten..

    lha meniko kados pundi to, kangjeng ratu gung binathara kok malah nyuwun ngapunten dhumateng warganipun…

  13. sigid Says:

    Hi hi, pak Dee Jawanya keluar nih …:mrgreen:
    Nderek sowan wonten Karang Kabulutan njih pak Dee
    Btw, menawi ngersakaken koleksi Alm Hadi Sugito, wonten mas Kandar ingkang sampun upload kathah😀

    ulun sampun ngunduh wonten mriko kok kisanak, mbok bilih mbenjang saget ndalang semar mbangun kayangan utawi anoman takon suwargo

  14. aprikot Says:

    lho dayang to? wuah pdhl aku ki ratune je😛

    kembene ojo lali dienggo git🙂 eh, ratu adil opo rat(a)u adus?😆


  15. wah wah kumpul kabeh…ya ya
    mari dari pintu ke pintu

    nagih oleh-oleh seko halmahera

  16. Goenawan Lee Says:

    WB… *peluk2 ga ngerti*

    mau meluk balung goen?

  17. kawruhjawi Says:

    monggo balung-balung ingkang sampun pisah menika dikumpulaken malih..🙂

    sugeng tepang, pikulun..

    kadosipun sampun tepang mas tamim🙂 nuwun sewu, kulo dangu mboten urun rembug wonten kawruh jawi🙂

  18. mtamim Says:

    whalah niki pak dhee to?
    nyuwun ngapunten mboten pati permono niki..😀


  19. He he kreatif pisan euy


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: