Pak Polisipun Nggak Akan Bisa Njebak Aku!!

Februari 7, 2007

“Maaf mbak, nggak lihat rambunya ya?”

“Lihat kook..”

“Kok dilanggar?”

“Kirain nggak ada yang lihat..”

 Kira-kira demikian percakapan seorang cewek yang agak cantik yang ketahuan ngelanggar rambu oleh pak polisi yang sedang dalam penyamaran. 
Ada 3 fakta dalam sekilas dialog di atas: 

1. Rendahnya tingkat kepatuhan pengguna jalan terhadap rambu-rambu lalu lintas.

Selama ini yang terpikir dalam benak pengguna jalan mungkin adalah bahwa melanggar rambu-rambu lalu lintas beresiko ditilang polisi. Jarang yang berpikiran bahwa melanggar rambu-rambu lalu lintas justru bisa membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Sehingga kalau nggak ada polisi, berarti nggak ada resiko.  

2. Polisi emang kadang suka njebak

Tampaknya sudah menjadi rahasia umum, bahwa polisi memang hobi menjebak dan mencari-cari kesalahan pengguna jalan. Tujuannya adalah agar dapat tambahan setoranSebenarnya sih, nggak masalah kalau kita memang melakukan kesalahan yang bisa dibuktikan, dan pak polisi juga konsisten dalam menegakkan peraturan. Masalahnya, kalau lagi nggak butuh, pelanggaran di depan mata aja sering didiamkan. Tapi begitu butuh, yang biasanya nggak dipermasalahkan, mendadak jadi masalah, yang ujung-ujungnya menyodorkan daftar menu denda. (Maaf, kesannya berburuk sangka, namun sungguh, saya belum dapat jawaban pembelaan yang memuaskan soal hal ini). 

3. Merokok dapat merugikan kesehatan, menyebabkan impotensi dan serangan jantung, serta mengakibatkan gangguan kehamilan dan janin.

     Karena memang ilustrasi di atas dicomot dari iklan rokok.  

Kalau cewek tadi bisa dijebak oleh polisi, maka berani taruhan, polisi kelas mana pun nggak akan bisa njebak saya di jalan raya. Kenapa?? Selama saya tertib berlalu lintas, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, motor atau mobil saya selalu dalam keadaan standar dan tidak neko-neko, lalu alasan apa lagi yang akan dipakai pak polisi untuk menjebak saya?? 

Puas? Puas? Puas?? Tak sobek-sobek laptopmu …… (sambil tepuk monyet niru Tukul)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: