Tahun Baru, Tak Berarti Apa-Apa Bagiku!

Januari 1, 2007

Seperti biasa, setiap malam pergantian tahun, selalu ada perayaan. Pesta kembang api, old and new year party, atau cuma sekedar manggang ayam di tepi pantai.

Kalau akau ditanya, malam tahun baru mau ngapain? Ada acara apa? Maka aku balik bertanya, memangnya harus ngadakan acara? Bagiku, malam tahun baru tak lebih seperti malam-malam yang lainnya, kecuali bahwa besoknya hari libur, jadi bisa sedikit longgar begadang, toh besoknya bisa disaur utang tidurnya. Jadi, buat apa ada acara khusus?

Ada yang bilang, mengakhiri tahun perlu ada introspeksi. Hey dab, introspeksi nggak usah nunggu akhir tahun. Tiap malam menjelang tidur, instropeksilah, apa yang kamu lakukan hari ini. Dosa apa yang kamu lakukan, berapa orang yang kamu kecewakan dan sakiti hari ini. Kalau nunggu sampai akhir tahun, betapa banyak akumulasi dosa, kesalahan, kekurangan yang telah dilakukan. Malah jadi bingung, mana yang harus lebih dulu diperbaiki.

Ada yang bilang, tahun baru saatnya berubah menjadi lebih baik. Lho dab, kenapa nggak mulai berubah saat ini sekalian? Kenapa harus tunggu tahun baru? Memangnya kamu tahu kalau tahun baru kamu masih dikasih umur oleh Allah? Untuk berubah menjadi lebih baik, tak perlulah kita menunda-nundanya. Kata da’i yang pernah kondang, mulailah saat ini.

Tahun baru justru menyuguhkan banyak kesia-siaan dan kesengsaraan. Berapa uang yang dihambur-hamburkan untuk sekedar membakar kembang api. Sekali nyala, sudah itu mati, tanpa sempat memberi arti. Berapa miliar uang yang dikeluarkan untuk berbagai pesta di hotel, pub, kafe, diskotik, stadion, dan tempat-tempat lainnya? Tahun baru mungkin memberikan rezeki dan peluang bisnis bagi beberapa kalangan, tapi tidak bagi rakyat jelata.
Jadi, malam tahun baru mau ngapain?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: